Salam ASEAN Menuju Komunitas ASEAN 2015

PERESMIAN 4000 SALAM ASEAN - Sekretaris Direktorat Kerjasama ASEAN Kementerian Luarnegeri Republik Indonesia bersama pejabat ASEAN lain melepas balon sebagai penanda dimulainya 4000 Salam Asean yang dilakukan di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (15/9/2013) lalu. (foto: Umar Syaifullah)

PERESMIAN 4000 SALAM ASEAN – Sekretaris Direktorat Kerjasama ASEAN Kementerian Luarnegeri Republik Indonesia bersama pejabat ASEAN lain melepas balon sebagai penanda dimulainya 4000 Salam Asean yang dilakukan di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (15/9/2013) lalu. (foto: Umar Syaifullah)

Lebih dari 4000 orang bergandengan dengan cara Salam ASEAN di lingkar Monumen Nasional Jakarta Minggu (15/9/2013) pagi lalu. Salam ASEAN dilakukan dengan tangan bersilang di depan, tangan kanan menjabat tangan kiri orang di sebelah kiri dan tangan kiri menjabat tangan kanan orang yang di sebelah kanan. Salam ini sudah terbiasa dilakukan di dalam pertemuan-pertemuan ASEAN di semua tingkat.

Meski peristiwa ini dicatat oleh Museum Rekor Republik Indonesia (MURI), namun tentu bukan itu yang menjadi tujuan. Pada kesempatan itu, Wimar Witoelar yang mengaku terlibat pada penandatanganan Piagam ASEAN mengatakan bahwa yang penting adalah setia pada Piagam. Ada pun mengenai kepemimpinan Indonesia di ASEAN, Wimar  mengatakan itu terserah pada rakyat Indonesia sendiri. Baginya bukan kepemimpinan yang dipersoalkan melainkan kemanfaatan dan kesejahteraan Indonesia dalam Komunitas ASEAN tersebut, apalagi Jakarta adalah “ibukota” ASEAN.

Sebagaimana negara-negara Eropa membentuk Uni Eropa yang memperkuat posisi mereka terhadap peta dunia, utamanya dalam bidang ekonomi, kiranya Komunitas ASEAN akan menuju ke arah yang sama. Persoalannya adalah apakah rakyat di Indonesia sudah mengetahui dan memahaminya? Hal ini diakui sendiri oleh Kementerian Luarnegeri dalam rilisnya yang menyebutkan bahwa Salam ASEAN ini diselenggarakan untuk memperkenalkan Komunitas ASEAN. Semoga upaya ini tidak berhenti sampai di sini karena waktu dua tahun tidaklah lama lagi. (us)

Iklan

5 pemikiran pada “Salam ASEAN Menuju Komunitas ASEAN 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s