[Film] Gone Girl (2014)

Kenali Betul Siapa Istri Anda

 

 

JIKA Anda lelaki, penulis dan jurnalis, tampang lumayan, bertemu seorang perempuan yang juga penulis, sangat cerdas, lulusan ganda dua universitas paling bergengsi, apa yang akan Anda lakukan? Atau bagaimana jika Anda yang menjadi sang perempuan? Anda bertemu dengan pria di atas, yang cerdas, memikat, sangat percaya diri dengan cara bicaranya yang smooth dan membuat Anda ‘meleleh’? Ah. Siapa pun yang Anda pilih, dunia seakan berputar di sekeliling Anda berdua. Lainnya hanya figuran belaka.

Dan ketika akhirnya Anda menikah, rumah tangga kalian tidak seperti umumnya. Kalian tetap melakukan hal-hal seakan masih pacaran. Penuh kejutan, teka-teki, petualangan, eksplorasi terhadap hal-hal baru, seperti pasangan yang sedang dimabuk asmara.

Inilah gambaran yang coba disampaikan di awal film ini. Sebuah percikan kimiawi cinta yang kadang dialami di dunia ‘nyata’. Simaklah bagaimana mulusnya cara Nick Dunne (Ben Affleck) mencuri perhatian Amy (Rosamund Pike) di tengah pesta. Mengajak si gadis yang baru dikenalnya kabur dari pesta itu dan caranya dapat mencium bibir sang gadis untuk pertama kali di sebuah gang di belakang toko roti dengan taburan debu gula di udara. Atau bagaimana caranya menunjukkan superioritasnya sebagai jurnalis cum penulis di hadapan beberapa blogger ketika Nick melamar Amy.

NICK melaporkan kehilangan istrinya pada polisi (sumber: http://www.imdb.com/media/rm2862072576/tt2267998?ref_=ttmi_mi_typ_sf_3)

NICK melaporkan kehilangan istrinya pada polisi (sumber: http://www.imdb.com/media/rm2862072576/tt2267998?ref_=ttmi_mi_typ_sf_3)

Saya tak ingin Anda mudah ‘tertipu’ dengan apa yang ditunjukkan oleh Nick. Rasanya tiap pria akan lakukan apa pun untuk bisa mendapatkan perempuan yang diinginkannya. Ya. Nick ternyata adalah pria biasa saja. Okelah sedikit di atas rata-rata dengan kecerdasannya ditambah ‘casing’ yang lumayan. Pelintiran atau ‘twist’ film ini ternyata bukan tentang Nick, melainkan tentang Amy.

 

Thriller

Saya harus mengingatkan sebelumnya bahwa Anda minimal harus paham sedikit tentang psikologi untuk mengikuti film ini. Dengan demikian Anda akan bisa ‘menikmati’nya. Mengapa banyak kata yang saya beri apostrof alias tanda kutip di atas? Tentu karena ada pemaknaan lain dari kata-kata tersebut setelah Anda tamat menonton. Atau menontonnya lagi. Dan lagi.

Saya tak tahu bagaimana dengan Anda, namun saya benar-benar tak menduga munculnya beberapa kejutan. Beberapa kali saya tak dapat menghindar dari merevisi kemungkinan yang akan terjadi di adegan selanjutnya. Memang ini film drama yang penuh kejutan dan membuat kita sibuk dengan dugaan-dugaan serta analisis. Bagi sementara orang, saya sarankan JANGAN menonton film ini bersama pasangan Anda. Sebab bisa jadi kalian akan bertengkar pada akhirnya.

AMY, sedang menulis catatan harian tentang rumah tangganya. (sumber: http://www.imdb.com/media/rm600163328/tt2267998?ref_=ttmi_mi_typ_sf_7)

AMY, sedang menulis catatan harian tentang rumah tangganya. (sumber: http://www.imdb.com/media/rm600163328/tt2267998?ref_=ttmi_mi_typ_sf_7)

Nah. Saya tak mau menghanguskan pengalaman Anda dengan menceritakan isi film ini secara rinci. Paling tidak salah satu yang dapat saya tekankan pada Anda yang berjenis kelamin laki-laki adalah: Berhati-hatilah terhadap perempuan, utamanya yang akan Anda jadikan pasangan hidup. Perempuan ini akan jadi sangat manipulatif dan cenderung psikopat jika Anda tergelincir sedikit saja. Kalau Anda tidak kuat, sila pilih: bunuh diri, atau mabuk hingga melakukan kesalahan yang lebih buruk.

David Fincher adalah sutradara yang ‘aneh’, seaneh film-filmnya. Agaknya ia spesialis film-film thriller, misteri, dengan tinjauan psikologis yang dalam dan bumbu filosofi yang kental. Filmnya, Seven dan Fight Club, yang sama-sama diperankan Brad Pitt, menunjukkan kualitasnya sebagai sutradara dalam mengemas plot sedemikian rupa. Anehnya adalah, Fincher juga menyutradarai video klip musik untuk George Michael, Paula Abdul, Madonna, Aerosmith, dan Justin Timberlake.

 

Pemungkas

Jika awal dan pertengahan film ini adalah misteri, dan thriller, pada akhirnya penonton ‘dipaksa’ untuk merenungi makna sebuah perkawinan.

Nick Dunne: Sialan! Kamu ngaco! Kamu gila! Kenapa kamu lakukan semua ini? Ya, aku memang pernah mencintaimu tapi kemudian kita saling membenci, saling mengatur. Kita jadi saling menyakiti.

Amy Dunne: Itulah perkawinan.

 

Maka tak heran jika ada lelaki (atau mungkin juga perempuan) yang kadang terlintas pikiran seperti ini ketika menjalani sebuah rumah tangga.

Nick Dunne:  … Aku sering mengusap kepala istriku dan membayangkan membelah tengkorak kepalanya untuk melihat isi otaknya. Pertanyaan utama dalam sebuah perkawinan: Apa sih yang ada dalam benaknya?

 

Rekomendasi: ♥♥♥♥

Sedikit saya ingin katakan, ini bukan film hiburan yang begitu fiktif sehingga tak sedikitpun ada artinya bagi hidup Anda. Tapi bagi Anda yang menonton film karena ingin ‘menggali’ pesan atau nilai-nilai yang akan memperkaya atau bahkan melakukan refleksi atas hidup (baca: perkawinan) Anda, maka film ini saya rekomendasikan untuk ditonton. Meski menurut kabar, film ini tak jadi tayang di Indonesia, namun kiranya Anda harus mencarinya di gerai-gerai penjual DVD. Hal ini karena David Fincher tak ingin filmnya disensor sehubungan dengan beberapa adegan yang menampilkan ketelanjangan, kata-kata kotor, atau kekerasan dan darah.

copyleft umar syaifullah 2014

Iklan

11 pemikiran pada “[Film] Gone Girl (2014)

  1. saya sebenarnya ingin juga nulis resensinya karena bagus banget nih film Bang, nah yg saya khawatirkan dalam tulisan saya terlalu men-judge perempuannya, yup menurut saya, dua2nya manipulatif,, tidak ada protagonis ataupun antagonis.

  2. Sepertinya recomended nih.
    Beh ngeri amat pak perempuan bisa jadi psikopat? apalagi kalau pas PMS, tambah parah kali ya.
    Tp walau bagaimanapun, lelaki harus bisa bikin tenang wanitanya bukan pak? 🙂

    • nomer satu ya.. tenangin diri dulu. tapi dalam film ini, itu tergantung tipe orangnya. kalo tipe B emang cenderung rileks dan gak grasa grusu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s